Breaking News

Babinsa Garahan Koramil 0824/07 Silo, Dampingi Fogging Cegah Wabah Demam Berdarah


Komando Bhayangkara – Setelah beberapa waktu yang lalu Kabupaten Jember dilanda penyakit Hepatitis A, kini sudah mulai merebak penyakit demam berdarah di kalangan masyarakat desa, penyakit demam berdarah yang dikenal dengan demam berdarag dengue (DBD) ini disebabkan oleh gigitan nyambuk jenis aedes aigypti.

Diantaranya di Desa Garahan Kec Silo Kabupaten Jember, dimana terdapat beberapa warga yang terserang DBD, sehingga Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) dengan cepat berkoordinasi dengan Koramil 0824/07 Silo untuk mengajak Bintara Pembina Desa (Babinsa) dalam melaksanakan fogging (Pengasapan) untuk mencegah berkembang biaknya nyamuk demam berdarah (aedes Aigypti).

Babinsa Garahan Sertu Sarman langsung memberikan pendampingan pada Sabtu 08/02/2020 untuk melaksanakan fogging di Desa binaannya, sambil lalu Sertu Sarman memberikan himbauan kepada masyarakat untuk membiasakan hidup bersih, melakukan 3 M yaitu menutup tempat-tempat air, menguras yaitu sering mengganti air penampungan dan  mengubur kaleng-kaleng bekas atau benda-benda tidak terpakai yang berpotensi  menjadi sarang dan tempayt berkembangnya nyamuk aedes aigypti tersebut.


Bersama 4 orang petugas Puskesmas Silo  yang dipimpin oleh Sunarto, Sertu sarman melakukan sosialisasi kepada warga masyarakat sekaligus memberitahukan bahwa akan dilakukan foging dari rumah ke rumah, untuk itu makanan dan pakaian hendaknya diamankan atau ditutup rapat.

Foging tersebut dilakukan dengan sasaran tempat-tempat mengandung air, kolong-kolong dan lain-lain untuk mengusir dan membinasakan nyamuk aedes aigypti, kata Sarman kepada warga masyarakat yang didatanginya.

Komandan Koramil 0824/07 Silo Kapten Arm M Ismuni membenarkan adanya kegiatan tersebut sesuai hasil koordinasinya dengan Kepala Puskesmas Silo untuk melaksnakan fogging dengan didampingi oleh Babinsa, kita di Kecamatan Silo ini memang selalu kompak manakala ada permasalahan kita turun bersama-sama.

Sementara itu menyikapi kegiatan jajarannya tersebut Komandan Kodim 0824/Jember Letkol Inf La Ode Muhammad Nurdin saat kami wawancarai menyampaikan, bahwa  keberadaan aparat kewilayahan seperi Kodim dan Koramil memang membantu Pemerintah Daerah, utamanya saat terdapat permasalahan di masyarakat, termasuk permasalahan mewabahnya penyakit demam berdarah tersebut.

Saat ditanyakan korelasi kegiatan tersebut dengan kegiatan Kodim 0824/Jember selaku unsur kekuatan TNI, Komandan Kodim 0824/Jember menegaskan bahwa kekuatan pertahanan negara yang menganut Sistem Pertahanan Semesta (Sishanta) menjadikan masyarakat sebagai pendukung utamanya, untuk itu kondisi masyarakat yang sehat tentunya akan memperkokoh pertahanan negara. Tegasnya. (Siswandi) 

Babinsa Garahan Koramil 0824/07 Silo, Dampingi Fogging Cegah Wabah Demam Berdarah Babinsa Garahan Koramil 0824/07 Silo, Dampingi Fogging Cegah Wabah Demam Berdarah Reviewed by Admin on Rating: 5

Tidak ada komentar