Breaking News

Pesan Gus Yasin di Usia Suara Merdeka ke - 70


Komando Bhayangkara - Di era digital ini, masyarakat dengan mudah mendapatkan banyak informasi. Sayangnya, tidak semua informasi yang diterima, dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. 

"Di era sekarang tentu arus informasi sulit kita bendung.  Bolehlah setiap orang menyampaikan informasi di media sosial. Tapi perlu pembekalan," kata Wakil Gubernur Jawa Tengah H Taj Yasin Maimoen ketika menemui Wakil Pemimpin Redaksi Suara Merdeka Agus Toto di rumah dinas Rinjani, selasa (10/02/2020)

Suara Merdeka sebagai media mainstream di Jawa Tengan yang pada bulan ini memasuki usianya ke 70, diminta wagub bisa menjadi media massa yang lebih baik. Artinya, media yang patuh pada Undang-undang Pers, Undang-undang ITE dan Kode Etik Jurnalistik.

"Kami berharap di usia Suara Merdeka yang ke 70 ini, Suara Merdeka bisa lebih membantu masyarakat Jawa Tengah pada khususnya dan Indonesia pada umumnya, untuk menyajikan berita yang baik. Sekarang sedang menjadi kendala kita bersama untuk membendung berita-berita yang tidak bisa dipertanggungjawabkan," urai wagub 

Wagub juga menginginkan agar berita-berita di Suara Merdeka dapat memberikan informasi mengenai program-program yang tengah dilaksanakan pemerintah. Sehingga, apa yang tengah dilakukan Pemprov Jateng bisa tersampaikan kepada seluruh masyarakat.

"Kami paham betul tenaga kami terbatas untuk memberikan informasi ke masyarakat. Maka kita butuh media, salah satunya Suara Merdeka yang sampai saat ini masih memiliki banyak pembaca," ungkapnya.

Senada, Wakil Pemimpin Redaksi Suara Merdeka menyampaikan, di era sekarang semua orang seolah bisa menjadi wartawan. Padahal untuk menjadi seorang wartawan, dia wajib memiliki kompetensi, mengikuti pendidikan jurnalistik dan bernaung di perusahaan media resmi.

Lantaran semua orang merasa bisa menjadi wartawan, akibatnya rules yang harus dipatuhi menjadi diabaikan. Karena mengabaikan rules, informasi yang diberikan pun tidak bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

"Di Suara Merdeka, ada lima filter yang harus dilalui sebelum sebuah berita itu naik cetak. Itu pun belum menggaransi itu benar. Maka saya tidak bisa membayangkan informasi yang beredar tanpa filter," tutur dia.

Pada Peringatan Hari Pers di Banjarmasin kemarin, Ketua Dewan Pers Muhammad Nuh berpesan agar media bisa berperan sebagai pendingin sekaligus penghangat. Menjadi pendingin ketika banyak bersliweran informasi yang carut marut dan menjadi penghangat ketika ada sumbatan-sumbatan informasi. Dan Suara Merdeka terus berupaya menjadi media, seperti yang dipesankan Dewan Pers.

Pesan Gus Yasin di Usia Suara Merdeka ke - 70 Pesan Gus Yasin di Usia Suara Merdeka ke - 70 Reviewed by Admin on Rating: 5

Tidak ada komentar