Breaking News

Olah Sampah Jadi Energi Alternatif, Wagub Apresiasi RDF Cilacap


Komando Bhayangkara - Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen mengapresiasi keberadaan fasilitas pengolahan bahan bakar dari sampah atau refuse derived fuel (RDF) di Desa Tritih Lor, Kecamatan Jeruk Legi, Kabupaten Cilacap, yang mampu mengolah sampah menjadi bahan bakar pengganti batu bara yang ramah lingkungan.

"Fasilitas pengolahan bahan bakar dari sampah atau RDF ini merupakan inovasi sekaligus langkah maju dalam pengelolaan sampah di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Selain mengolah sampah sebanyak 120 ton per hari menjadi 60 ton RDF, fasilittas RDF ini juga mampu menurunkan emisi sebanyak 19.000 ton CO2e dan menurunkan emisi gas metana," ujar Taj Yasin saat memberi sambutan peresmian RDF di Jeruk Legi, Cilacap, Selasa (21/7/2020).

Hadir pula pada acara peresmian operasionalisasi pengolahan sampah menjadi bahan bakar alternatif (RDF) yang ramah lingkungan tersebut, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Arifin Tasrif, serta Menteri Kelautan dan Perikanan Edi Prabowo, Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamudji, dan Bupati Banyumas Achmad Husein.

Menurut wagub, pengelolaan sampah sampai saat ini masih menjadi permasalahan yang menjadi pekerjaa rumah bersama. Banyak daerah yang menggunakan metode penimbunan (Land Fill) dalam mengelola sampah. Padahal dengan metode tersebut, lahan yang dibutuhkan sangat luas, proses pengurangan sampah sangat lambat, menghasilkan cairan yang dapat mencemari sumber air, serta gas metana yang berpotensi membahayakan lingkungan sekitar.

"Pengolaan sampah RDF ini, selain membutuhkan lahan yang sedikit dan fleksibel, proses penguraian sampahnya juga sangat cepat. Pengolahan sampah RDF juga tidak menimbulkan limbah cair karena sampah organik habis dibakar," terangnya.


Gus Yasin, sapaan akrab Taj Yasin berharap  ke depan seluruh stakeholder yang ada, khususnya perusahaan swasta juga bisa turut ambil bagian, paling tidak dengan ikut menggunakan briket hasil RDF sebagai pengganti batu bara. Terlebih tidak sedikit industri dan PLTU di Jawa Tengah yang masih memakai batu bara sebagai sumber energi.

Senada disampaikan Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, pengolahan sampah berbasis RDF di Jeruk Legi merupakan pertama di Indonesia. Selama 12 tahun hanya membahas berbagai strategi pengolahan sampah ramah lingkungan dan memberikan manfaat, kini terwujud di Cilacap.

Fasilitas RDF Cilacap yang baru diresmikannya tersebut dibangun dengan dana total Rp86 miliar. Proyek tersebut merupakan kerja sama antara Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kedutaab Besar Denmark, Provinsi Jawa Tengah, Pemerintah Kabupaten Cilacap dan PT Solusi Bangun Indonesia Tbk.

"Kami sepakat membikin RDF sehingga persoalan penanganan sampah sebanyak 28 ribu ton per hari dapat diselesaikan. Mesinnya nanti kita bikin sendiri, semuanya buatan dalam negeri, buatan anak bangsa. Kra- kira investasinya Rp70-Rp80 miliar, kalau dibikin banyak buatan dalam negeri diharapkan costnya  turun," mungkin cosnya dapat dikurangi," bebernya.

Menko menilai RDF Cilacap merupakan satu langkah yang sangat hebat dan inovatif. Ia berharap RDF bisa masukan ke program tahun 2020 dengan komponen-komponen buatan dalam negeri. Pengembangan RDF di Jateng perlu terus didorong, apalagi pabrik semen dan PLTU banyak tersebar di Jateng sehingga kebutuhan bahan bakar pengganti batu bara sangat tinggi.

RDF adalah energi terbarukan yang dihasilkan dari material sampah melalui proses pengolahan dan pengeringan secara biologi terlebih dahulu. RDF dapat mensubstitusi penggunaan batu bara menjadi bahan bakar alternatif di pabrik semen hingga 3 persen, ataupun sebagai co-firing di pembangkit listrik tenaga uap. 

Penggunaan RDF lebih murah dibanding batubara, selain itu pembakarannya juga relatif tinggi atau mencapai 2.000 derajat Celcius.

Olah Sampah Jadi Energi Alternatif, Wagub Apresiasi RDF Cilacap Olah Sampah Jadi Energi Alternatif, Wagub Apresiasi RDF Cilacap Reviewed by Admin on Rating: 5

Tidak ada komentar