Breaking News

Wagub Temani Petani Bulak Pancing Panen Padi


Komando Bhayangkara - Panen padi di tengah situasi yang tidak biasa karena adanya pandemi covid 19, membuat petani di Bulak Pancing Kecamatan Dukuh Waru Kabupaten Tegal, bisa sedikit tersenyum. Apalagi, Wakil Gubernur Jawa Tengah H Taj Yasin Maimoen dan Bupati Tegal Ummi Azizah, ikut menemani panen raya mereka, pada Kamis (16/7/2020)

Wagub dan Bupati Tegal bahkan ikut merasakan langsung panen padi menggunakan combine harvester. Total lahan padi yang akan dipanen di Bulak Pancing seluas 135 hektar, dengan varietas inpari 32 dan mekongga.

Wagub pun bercerita, kalau ini menjadi pengalaman pertama kalinya. Menurutnya, panen menggunakan alat canggih tersebut terbilang cepat. Hanya butuh 1 sampai 1,5 jam untuk memanen lahan seluas satu hektar.

"Tadi saya tanya, kalau alatnya seperti ini, untuk panen 1 hektar butuh berapa waktu? Dia bilang 1,5 jam kalau (posisi) padinya tidur. Tapi kalau bangun, bisa 1 jam.  Per hektar menghasilkan 8 ton dan langsung masuk kantong," tutur Wagub Taj Yasin usai panen

Dengan combine harvester, lanjutnya, artinya ada efisiensi waktu dalam memanen. Efisiensi waktu ini akan lebih baik jika dimanfaatkan untuk memberikan nilai tambah pada hasil panen padi. Misalnya, mengembangkan packagingnya, atau membuat olahan turunannya.

"Saya pesan ke petani, jangan hanya kita terpacu menjual gabahnya. Tapi kita mencoba untuk mengolah apa yang sudah kita panen,'" katanya.

Wagub yang akrab dipanggil Gus Yasin menambahkan, BUMDES diimbau punya peran dalam membeli gabah petani. Sehingga, hasil panennya lebih tinggi daripada dibeli tengkulak.

"BUMDES ki kudu tuku nang nggonr rakyat. Dudu dituku tengkulak," pungkasnya.

Wagub Temani Petani Bulak Pancing Panen Padi Wagub Temani Petani Bulak Pancing Panen Padi Reviewed by Admin on Rating: 5

Tidak ada komentar