Breaking News

TNI AD Terima Sertipikat Tanah di Kebumen, Wagub : “Semakin Memberi Manfaat”


Komando Bhayangkara – TNI Angkatan Darat, Rabu (12/8/2020), menerima sembilan sertipikat tanah yang berlokasi di Kebumen. Sertipikat diserahkan Menteri ATR BPN Sofyan Abdul Djalil kepada Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal Andika Perkasa di Aula Makodam IV/ Diponegoro. 

Kepala Kanwil ATR BPN Jateng, Jonahar menyebutkan, aset sembilan bidang tanah yang mendapat sertipikat terdiri dari lima sertipikat hak pakai atas nama pemerintah Republik Indonesia cq Kementerian Pertahanan Republik Indonesia, yang berlokasi di wilayah Urutsewu (Desa Kenoyojayan, Desa Ambalresmi, Desa Sumberjati, Desa Tlogodepok dan Desa Tlogopragoto). Sertipikat diperoleh atas permohonan hak atas tanah oleh TNI AD. 

Sementara, empat sertipikat tanah lainnya merupakan hak pakai atas nama pemerintah Republik Indonesia cq Kementerian Pertahanan RI yang berasal dari hibah Pemerintah Kabupaten Kebumen. Lokasinya berada di Desa Adikarso, Depokrejo, Poncowarno dan Bonorowo.


Wakil Gubernur Jawa Tengah H Taj Yasin Maimoen yang menyaksikan penyerahan sertipikat mengaku ikut gembira atas diperolehnya legalitas tanah bagi TNI AD. Dia berharap, asset yang sudah legal tersebut, nantinya memberi manfaat, baik bagi masyarakat maupun negara. 

“Dengan diserahkannya sertipikat ini, menjadi bukti secara hukum sudah sah jadi tanah TNI AD. Maka kemanfaatannya tentu akan memberikan manfaat lagi,” harapnya

Terlebih, pada masa pandemi ini, kondisi ekonomi masyarakat maupun negara, turun. Pada tri wulan kedua ini, pertumbuhan ekonominya sudah minus. Pada tahun 1998, guncangan ekonomi dapat teratasi dengan mendorong pertumbuhan UMKM. Untuk mendapatkan modal, mereka disyaratkan memiliki asset.

“UMKM untuk mendapatkan bantuan, sentuhan dari bank maupun dari negara, salah satu syaratnya harus mempunyai sertipikat tanah. Lahan yang dibuat usaha ini, jelas. Maka, dengan adanya sertipikasi oleh Bapak Menteri, ini sangat membantu perekonomian, terutama pada pelaku UMKM,” kata dia


KSAD Andika Pratama setuju dengan pemikiran wagub. Walaupun sudah legal menjadi tanah milik TNI AD, jika memiliki marginal utility yang besar, untuk menjadi pengungkit ekonomi di daerah, mengapa tidak dimanfaatkan? Akan lebih baik apabila asset yang dimiliki memberikan manfaat, daripada menjadi idle asset. Apalagi, TNI AD juga tidak menggunakan tanah untuk latihan selama dua puluh empat jam, tujuh hari.

“Saya sangat pro pertumbuhan daerah. Sembilan ratus hectare lebih yang kita gunakan untuk Latihan, tidak setiap hari. Jadi jika sehari-hari bisa digunakan, akan ada manfaatnya untuk masyarakat setempat, pemerintah kabupaten, dan pemerintah provinsi. Why not? Jadi itu semangat kami,” tandas dia

Namun yang terpenting, imbuhnya, pemanfaatan lahan TNI tidak menyalahi regulasi yang ada. Sehingga, tidak menimbulkan permasalahan, saat diperiksa oleh BPK.

TNI AD Terima Sertipikat Tanah di Kebumen, Wagub : “Semakin Memberi Manfaat” TNI AD Terima Sertipikat Tanah di Kebumen, Wagub : “Semakin Memberi Manfaat” Reviewed by Admin on Rating: 5

Tidak ada komentar