Breaking News

Pemprov Jateng Dukung IPKN Tancap Gas Pol


Komando Bhayangkara - Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen berharap keberadaan Institut Pemeriksa Keuangan Negara (IPKN) Wilayah Jawa Tengah dapat mendukung tercapainya peningkatan kinerja pemeriksa keuangan negara yang bersih dan akuntabel, serta mengawal seluruh pemda di Jawa Tengah untuk mewujudkan tata kelola keuangan daerah yang baik sesuai standar akuntansi pemerintah.

"IPKN sangat berperan dalam menjaga profesionalisme anggota melalui penjagaan dan penindakan atas pelanggaran kode etik profesi. Oleh karena itu, segera tancap gas pol laksanakan kegiatan-kegiatan pengembangan standar pemeriksaan, metodologi, teknik, dan pendekatan-pendekatan, serta praktik pemeriksaan yang baik," ujar Taj Yasin saat memberi sambutan Pelantikan Pengurus IPKN Wilayah Jateng periode 2020-2023 di Auditorium Badan Pemeriksa Keuangan Jawa Tengah, Selasa (1/9/2020).


Pelantikan yang diselenggarakan dalam jaringan (daring) dan luar jaringan (luring) tersebut, wagub menyampaikan IPKN juga melakukan pengembangan profesi bagi anggota serta kegiatan edukasi bagi masyarakat. Jalin kerjasama dengan organisasi profesi lain dalam lingkup nasional maupun internasional.

Disebutkan, sesuai hasil opini LKPD Tahun 2019, Pemprov Jateng dan 35 kabupaten/kota di Jawa Tengah, telah 100% Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). Bahkan untuk Pemrov Jateng telah 9 tahun berturut-turut menerima opini WTP. Prestasi ini merupakan wujud keberhasilan sinergitas yang baik antara Pemprov Jateng dan BPK Perwakilan Provinsi Jawa Tengah yang aktif memantau tindak lanjut LHP pada masing-masing entitas se-Jawa Tengah. 

"Outcome atas tata kelola keuangan daerah yang baik adalah publik atau masyarakat, karena masyarakat yang akan merasakan dampak dari pengelolaan keuangan yang baik. Antara lain pembangunan yang berkualitas di segala bidang. Dengan demikian, persepsi antikorupsi akan terbangun," terangnya.


Dalam kegiatan tersebut, pengurus IPKN Wilayah Jateng dilantik secara langsung oleh Ketua Umum Dewan Pengurus Nasional IPKN Bahrullah Akbar. Antara lain Ketua IPKN Jateng Ayub Amali, Wakil Ketua Masmudi, dan Sekretaris Acep Mulyadi. 

Bahrullah Akbar menjelaskan, IPKN adalah organisasi profesi bagi para pemeriksa keuangan negara yang bertujuan untuk mengembangkan dan mendayagunakan potensi pemeriksa bagi kepentingan bangsa dan negara. Selain itu, pembentukan IPKN juga dalam rangka memenuhi amanat Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 49 tahun 2018 tentang Jabatan Fungsional Pemeriksa yang mengatur bahwa BPK bertugas memfasilitasi pembentukan organisasi profesi jabatan fungsional pemeriksa.

"Pelantikan pengurus IPKN wilayah Jateng ini merupakan kali pertama, sehingga masih ada 33 provinsi untuk melakukan pelantikan baik secara langsung maupun melalui Zoom Meeting. Sebagai kelengkapan organisasi tentunya IPKN wilayah Jateng ini, merupakan kepanjangan tangan bagian dari kebijakan pimpinan BPK untuk mengelola dan membangun organisasi ini agar bisa berjalan dengan baik," katanya.
Pemprov Jateng Dukung IPKN Tancap Gas Pol Pemprov Jateng Dukung IPKN Tancap Gas Pol Reviewed by Admin on Rating: 5

Tidak ada komentar