Breaking News

Teknologi Pegang Peran Dominan di Masa Pandemi Covid 19


Komando Bhayangkara – Teknologi memiliki peran dominan di masa pandemic covid 19 saat ini. Kehadirannya dirasakan memiliki manfaat besar bagi semua pihak, terlebih pemerintah. Jika tidak ada teknologi, tentu masyarakat tidak dapat menyimak sajian angka statistik paparan virus corona secara real time di website resmi pemerintah. Tanpa teknologi, pemerintah akan kesulitan memantau seluruh daerah, karena rentang kendali yang luas.

“Di Jateng saja, wilayah dari barat mulai dari Brebes, sampai ujung timur yaitu Kabupaten Rembang. Di ujung selatan ada dari Kabupaten Sragen sampai Cilacap. Itu membutuhkan waktu perjalanan yang panjang. Sementara kita harus menangani (covid) dari ujung ke ujung. Artinya di seluruh Jateng harus kita tangani bersama-sama. Maka dari itu, inilah pentingnya saat ini ada IT,” ungkap Wakil Gubernur Jawa Tengah H Taj Yasin Maimoen saat menjadi Keynote Speaker dalam Kuliah Umum dengan Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Muhammadiyah Paguyangan Brebes, secara online, Sabtu (26/09/2020)

Untuk penanganan covid 19, lanjutnya, Jawa Tengah menerapkan program Jogo Tonggo yang di dalamnya memanfaatkan seluruh elemen masyarakat hingga tingkat RT. Tapi, program tersebut tanpa didukung dengan IT, juga tidak akan maksimal. Sebab, pemerintah butuh berkoordinasi dengan petugas di lapangan. Koordinasi secara aman, efektif dan efisien, ya dengan menggunakan teknologi. 

Taj Yasin bersyukur, ketika terjadi pandemic covid, teknologi sudah mengalami kemajuan yang pesat. Dirinya tidak bisa membayangkan, bila pandemic covid terjadi pada tahun 1980-an karena saat itu penguasaan manusia terhadap teknologi informasi masih rendah. Taj Yasin mencontohkan, ketika pandemic covid 19 terjadi di tahun 1980 an dan pemerintah mengambil kebijakan tidak ada kegiatan belajar tatap muka, maka sudah dipastikan kegiatan belajar mengajar akan berhenti. 

“Di era industry 4.0, maka ada kesempatan yang baik. Kita bisa bertemu dalam zoom, dalam webminar dan dalam aktivitas lain yang bisa dilakukan secara virtual,” ujarnya. 

Banyak hal lain yang bisa dilakukan pemerintah dengan menggunakan teknologi. Misalnya, melakukan kegiatan sosialisasi, koordinasi, seminar, musrenbang, dan doa bersama secara online atau melalui video conference. Termasuk, di bidang ekonomi, untuk membantu ekonomi pelaku UKM yang lesu, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo membuat program Lapak Ganjar melalui akun instagramnya. Dengan follower jutaan yang dimiliki gubernur, pemanfaatan teknologi yang sangat sederhana itu bisa membantu UKM Jawa Tengah kembali bangkit.

“Kekuatan kita terbatas. Maka kita harus bersama-sama menghadapi pandemic covid 19 dengan memanfaatkan IT,” ajaknya
Teknologi Pegang Peran Dominan di Masa Pandemi Covid 19 Teknologi Pegang Peran Dominan di Masa Pandemi Covid 19 Reviewed by Admin on Rating: 5

Tidak ada komentar