Breaking News

Wagub : Santri, Belajarlah Juga Ilmu Lain


Komando Bhayangkara - Sebanyak 19 santri Pondok Pesantren  Zhilalul Qur'an dinyatakan lulus sebagai hafidz dan hafidzah setelah mampu menghafal 30 juz Al-Qur'an. Mereka terdiri dari 16 santriwati dan 3 santri.

Wakil Gubernur Jawa Tengah H Taj Yasin Maimoen berkesempatan menyaksikan wisuda mereka, Jumat (25/09/2020) malam. Kemampuan mereka membaca Qur'an mendapat apresiasi. Namun, dia mengingatkan agar mereka tidak terjebak pada sekadar hafal Quran.

"Kula kepengen, nek iso santri-santri ora kabeh nerusno ning pondok peaantren. Tapi nek iso mlebu ning kedokteranlah. Supaya bisa mewarnai," tuturnya.

Ibnu Sina, lanjutnya, adalah tokoh Islam di bidang kedokteran yang patut dijadikan teladan. Di usianya yang baru 5 tahun, sudah belajar menghafal Al-Qur'an. Ilmu kedokteran dipelajarinya saat usia 16 tahun. Pada usia 17 tahun, dia berhasil menyembuhkan Nuh bin Mansur, salah satu penguasa Dinasti Samaniah. Sebelum ditangani Ibnu Sina, sudah banyak tabib yang berusaha menyembuhkannya, tetapi tidak berhasil. Hingga sekarang, Ibnu Sina dikenal sebagai Bapak Kedokteran Modern. Karyanya di bidang kedokteran yang sangat terkenal adalah Al Qānūn fī at-Tibb atau The Canon of Medicine. Karya itu menjadi rujukan selama berabad-abad.


"Ibnu Sina ditokohno ning nggone Islam. Dadi dokter lan tokoh kedokteran dunia. Awake dewe duwe contoh kaya ngene, masa ora gelem mlebu kedokteran?," katanya.

Wagub yang akrab disapa Gus Yasin menegaskan, dia menginginkan supaya isi Al-Qur'an tidak hanya dihafalkan. Tetapi, diterapkan pula, khususnya dalam hal sisi keilmuannya. Sehingga, yang menjaga ilmu adalah orang-orang yang paham Qur'an. Dengan begitu, berkah yang diperoleh akan lebih besar.

"Kula pengen, niki dipunterasaken, mboten namung hafal Qur'an tok, tapi diterusaken wonten ilmu-ilmu lintunipun. Misale wonten kedokteran, utawi arsitek. Saengga sedaya yang menjalankan niku tiyang sing menjaga Qur'an, dadi berkahe Qur'ane bisa luwih akeh," pungkas dia
Wagub : Santri, Belajarlah Juga Ilmu Lain Wagub : Santri, Belajarlah Juga Ilmu Lain Reviewed by Admin on Rating: 5

Tidak ada komentar