Breaking News

Jihat Lawan Covid-19, 15 Ponpes di Jateng Diganjar Hadiah


Komando Bhayangkara - Sebanyak 15 pondok pesantren di berbagai daerah di Jawa Tengah mendapat hadiah dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah. Belasan ponpes tersebut menjadi Duta Pondok Pesantren karena dinilai peduli dan aktif dalam menerapkan protokol kesehatan pencegahan COVID-19 di lingkungan ponpes.

Penyerahan hadiah kepada 15 pemenang lomba Duta Pondok Pesantren dilakukan oleh Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen di Gedung Gradhika Bakti Praja, Kamis (22/10/2020). Pemenang mendapat hadiah masing-masing Rp125 juta berupa bantuan pembangunan sarana prasarana dan dan Jogo Santri Kit senilai Rp8 juta.

"Semoga protokol kesehatan yang diterapkan di ponpes-ponpes pemenang lomba Duta Ponpes bisa ditularkan ke ponpes lainnya. Dari ratusan pendaftar lomba yang tidak lolos, silakan diajak bareng-bareng sehingga pencegahan COVID-19 semakin gencar," kata Taj Yasin saat memberi sambutan penyerahan hadiah. 

Gus Yasin, sapaan akrab Taj Yasin mengajak para santri mengelorakan jihat melawan COVID-19, diantaranya aktif sosialisasi dan disiplin menerapkan protokol kesehatan di lingkungan ponpes. Bahkan Pemprov melalui Dinas Kesehatan, Disperakim, dan instansi terkait lain siap menbantu ponpes dalam melaksanaan protokol kesehatan.


"Ayo para santri, kita gelorakan jihat melawan COVID-19. Kita getok tukarkan kepada masyarakat tentang pentingnya protokol kesehatan di masa pandemi, baik melalui ceramah, lewat radio, media sosial, televisi, dan lainnya. Sampaikan bahwa COVID-19 ini bukan aib, tetapi sama seperti penyakit lainnya hanya penularannya yang masif," terangnya. 

Dijelaskan, melalui program Jogo Santri merupakan salah satu bentuk implementasi Jogo Tonggo di lingkungan pondok pesantren, 15 Duta Ponpes yang berhasil menyisihkan 193 peserta lainnya, diharapkan menjadi percontohan bagi pesantren lain dalam upaya pencegahan dan penanganan COVID-19 di lingkungan ponpes.

"Kami sangat mengapresiasi Pemerintah Provinsi Jawa Tengah atas diselenggarakannya lomba Duta Ponpes. Adanya lomba Duta Ponpes ini memotivasi Satgas Jogo Santri dan penghuni ponpes untuk meningkatkan penerapan protokol kesehatan," kata Sekretaris Yayasan Ponpes Maslakul Huda Pati, Diyaulhaq usai menerima hadiah Duta Ponpes. 

Ia menjelaskan, sejak adanya penyebaran virus Corona, pengasuh ponpes langsung melakukan penataan sarana prasarana dan menyusun penerapan protokol kesehatan pencegahan COVID-19. Mulai pemulangan santri secara bertahap atau tidak serentak, wajib memakai masker, menjaga jarak, tidak menggunakan peralatan pribadi bersama-sama, hingga pengurangan kapasitas di ruang tidur.

"Protokol kesehatan di ponpes sangat ketat. Kami membatasi orang luar masuk ponpes, mendatangkan santri dari daerah masing-masing secara bertahap, kemudian wajib menjalani karantina selama 14 hari, shalat berjamaah tetap ada dengan selalu menjaga jarak, para santri dilarang memakai peralatan pribadi secara bersama-sama," bebernya.

Senada disampaikan pengasuh ponpes Balekambang Jepara, Nurdin Lubis memgatakan sejak mulai munculnya COVID-19, pihak ponpes membentuk Satgas Jogo Santri kemudian bergerak cepat menerapkan protokol kesehatan sesuai arahan pemerintah. Diantaranya menyediakan fasilitas cuci tangan, ruang isolasi untuk santri yang baru datang dari luar kota, dan sarana lainnya untuk  pencegahan penularan COVID-19. 

"Santri di pondok wajib mengenakan masker dan tidak boleh dijenguk oleh keluarga. Bahkan sampai hari ini peraturan larangan dijenguk masih berlaku. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan," katanya.

Setelah mengetahui Pemprov Jateng mengadakan lomba Duta Pesantren, lanjut dia, maka aktivitas dan penerapan protokol kesehatan di lingkungan ponpes didokumentasikan dalam bentuk video berdurasi maksimal tiga menit, kemudian dikirim untuk mengikuti seleksi lomba Duta Ponpes. Setelah lolos penilaian administrasi,  video, serta kunjungan lapangan, Ponpes Balekambang menjadi salah satu Duta Ponpes.

Berikut 15 ponpes pemenang lomba Duta Ponpes yaitu, Ponpes Maslakul Huda Pati, Ponpes Balekambang Jepara, Ponpes Tanbihul Ghofilin Banjarnegara, PonpesTahfidh Al Hamidiyah Pati, Ponpes Walindo Manba'ul Pekalongan, Ponpes Riyadlotut Thalabah Rembang, Ponpes Nida Al'Quran Temanggung, dan Ponpes Sabilurrasyad Kendal. 

Selain itu Pondok Pesantren Sunan Gunung Jati Kismantoro Wonogiri, Ponpes Al Uswah, Kota Semarang,Pondok Pesantren Life Skill Daarun Najaah Kota Semarang, Pondok Pesantren Khozinatul Ulum 1 Blora, Ponpes MIBS Kebumen, Ponpes Al Falah Tejosari Parakan Temanggung, dan PPTQ Darussalam Jepara. 
Jihat Lawan Covid-19, 15 Ponpes di Jateng Diganjar Hadiah Jihat Lawan Covid-19, 15 Ponpes di Jateng Diganjar Hadiah Reviewed by Admin on Rating: 5

Tidak ada komentar