Breaking News

TEKA-TEKI PASAR SABU (SAYUR DAN BUAH) PEMALANG TERKUAK, DIDUGA BANYAK PUNGLI DAN MEMBEBANI PEDAGANG

 


Komando Bhayangkara - Pemalang 10/11/20 Pemerintah membangun Pasar Sayur dan Buah (relokasi) dengan APBD Kabupaten Pemalang, yang dalam pemgelolaannya diserahkan oleh Dinas Koperasi, UMKM dan DISPERINDAG. Akan tetapi Paguyuban sudah melampaui batas  kewenangannya yang seharusnya sebagai jembatan dari pedagang ke Pemerintah yang dalam hal ini diwakili oleh DISPERINDAG.

Kemelut selama ini telah terkuak di Konfrensi Pers dengan juru bicara Agus Wijayanto, SH.,MKn. hari ini 9/11/20. 21.40 wib di Hotel SENTANA BISTRO Jl. Jend. Sudirman Pemalang.

Sebelum Pasar SABU (Sayur dan Buah)direlokasi diduga sudah ada  pungli oleh Paguyuban sehingga membebani Pedagang, termasuk pungutan kepemilikan relokasi lapak baru yang diduga diperjual belikan.


Berdasar Permintaan Informasi no.12/B/GAJ/SR-PDT/X/2020 ,tertanggal 26 Oktober 2020 kepada Dinas Koperasi,UMKM dan DISPERINDAG Aksi Solidaritas Pedagang Pasar Induk Sayur dan Buah (SABU) Kabupaten Pemalang yang di Kuasakan oleh Penasehat hukum  Joko Wahyono ,SH , Agus Wijayanto, SH.,MKn. dan Heri Oktavianto, SH. dari Kantor Advokad dan Konsultan Hukum "GAJ DAN REKAN" yang beralamat Jln. Imam Suparto Tembalang Kota Semarang. Permohonan tersebut keluarlah tanggapan nomor 510.16/4694/Diskoperindag tertanggal 26 Oktober 2020 terdiri delapan item :
1. Pembangunan Kios Kuliner dan lahan Parkir dari APBD Kab. Pemalang dengan nilai Rp 1,563,184,820.00,- 
2. Peraturan Bupati No 57 tahun 2016
3. Mekanisme Penempatan Pedagang
4. Yang diprioritaskan mendapatkan hak sewa lapak/los adalah pedagang aktif dipasar lama dan tercatat/Register KLTL
5. Nilai sewa lapak (Perda No. 3 tahun 2012 ,tentang retribusi jasa Umum Rp 5000/m²/Tahun)
6. Yang mempunyai kewenangan adalah Diskoperindag dalam pengelolaan dan tanggungjawab Pasar 
7. Aturan atau regulasi yang mengatur 
8. Terkait dengan surat kuasa yang disampaikan.

Agus Wijayanto ,SH.,MKn selaku Kuasa hukum Aksi Solidaritas Pasar Sayur dan Buah Menegaskan bahwa : " 

"Kios Kuliner itu dibangun dengan APBD Kabupaten Pemalang, kalau sampai ada pungutan-pungutan,penarikan-penarikan yang dilakukan oleh siapapun berarti penarikan-penarikan itu diduga penarikan atau pungutan liar " pungkasnya. (Bondan MKB Pemalang)
TEKA-TEKI PASAR SABU (SAYUR DAN BUAH) PEMALANG TERKUAK, DIDUGA BANYAK PUNGLI DAN MEMBEBANI PEDAGANG TEKA-TEKI PASAR SABU (SAYUR DAN BUAH) PEMALANG TERKUAK, DIDUGA BANYAK PUNGLI DAN MEMBEBANI PEDAGANG Reviewed by Admin on Rating: 5

Tidak ada komentar